Mendasar Terhadap Riset, Inilah Satu – Satunya Metode Belajar Unik di TK Terbaik Jogja Bantul Sleman

Mendasar Terhadap Riset, Inilah Satu – Satunya Metode Belajar Unik di TK Terbaik di Jogja Bantul Sleman – Taman kanak-kanak merupakan pendidikan dini yang dimaksudkan untuk memelihara tumbuhnya kebudayaan bangsa yang merdeka melalui sistem pendidikan dan juga pengajaran. Berbagi jenis metode pembelajaran pun dibuat untuk menyampaikan ilmu disesuaikan dengan usia dan kondisi anak, agar anak dapat menerima dan menyerap ilmu yang disampaikan.

TK terbaik di Jogja Bantul Sleman
TK terbaik di Jogja Bantul Sleman

Baca juga artikel lain di : http://aspirasi.blog.st3telkom.ac.id/

Salah satunya adalah metode yang diterapkan oleh salah satu TK terbaik di Jogja Bantul Sleman. Jika pada dasarnya sekolah terdiri atas kegiatan belajar mengajar (KBM) dimana terdapat guru sebagai pendidik dan murid sebagai yang mendapat pendidikan, terdapat satu sistem belajar yang menerapkan riset sebagai cara belajar mengajar yang unik.

Memiliki sistem belajar yang tidak biasa seperti umumnya, dimana tidak ada guru yang mengajar dengan papan tulis dan anak yang sibuk mengamati diktat. Disini riset merupakan hal yang diterapkan dalam sistem penyampaian pelajaran yang jauh dari kata formal seperti sekolah-sekolah yang lainnya. Bukan riset seperti laboratorium,  memantik rasa penasaran anak dengan berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh anak diterapkan dibeberapa sekolah sanggar TK terbaik di Jogja Bantul Sleman.

Tahapan daur belajar yang diterapkan adalah dimulai dari anak mengajukan pertanyaan sebagai ide penelitian, lalu fasilitator merekonstruksi, membangun struktur, kemudian analisis, dan terakhir mencapai kesimpulan. Karena hal inilah guru selaku fasilitator dituntut untuk lebih kreatif untuk membantu anak dalam mengembangkan riset.

Sebagai contoh misalkan terdapat seorang anak yang senang memancing karena kerap diajak oleh ayahnya, dari peristiwa ini, riset yang dilakukan yaitu berapa waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan dan dikaitkan dengan pelajaran matematika, kemudian jenis ikan yang diperoleh nantinya akan dikaitkan dengan pelajaran geografi atau bahasa ataupun yang lainnya.

Menurut salah satu pendiri dari sekolah TK terbaik di Jogja Bantul Sleman ini, terdapat fakta yang tidak boleh dihilangkan bahwa pemilihan kata anak alam sebagai nama sekolah berarti faham bahwa anak memiliki orientasinya masing-masing, sehingga anak pun memiliki bakat dan ketertarikan yang berbeda-beda. Inilah yang membuat sekolah ini berbeda dari sekolah pada umumnya.

Penerapan metode riset dalam kegiatan belajar mengajar pun bukan tanpa pertimbangan, tidak adanya struktur berpikir dan tidak memahami sebab akibat merupakan salah satu kelemahan dari pendidikan dasar yang selama ini diterapkan disekolah umum yang lain. Basis riset yang digunakan pun menerapkan pendidikan budi pekerti sejak dini melalui praktik kehidupan sehari-hari secara langsung, bukan melalui pendidikan kewarganegaraan.

Beberapa sekolah TK terbaik di Jogja Bantul Sleman yang satu ini tidak mengikuti kurikulum yang ada, karena memiliki metode tersendiri. Ujian yang diselenggarakan dilakukan melalui program kesetaraan Kejar Paket untuk mendapatkan ijazah. Salam berstatus PKBM, dimana pembelajaran disesuaikan dengan minat dari masing – masing anak yang kemudian digali lebih lanjut, jadi anak tidak akan dibebani dengan menghafal yang ditargetkan. Karena hal ini sudah menjadi agenda para fasilitator.

Tidak ada seragam, tidak ada kelas formal, untuk sekolah TK akan terfokus dengan bermain. Tujuan dari penerapan metode riset ini adalah tidak untuk melahirkan follower atau pengikut. Fakta bahwa sebenarnya media sosial dan juga teknologi tinggi justru tidak dapat menghasilkan apapun, karena kebanyakan orang hanya menjadi pengikut saja.

Tidak hanya sebagai sekolah TK terbaik di Jogja Bantul Sleman saja, tingkat pendidikan yang menggunakan sistem ini pun memiliki jenjang hingga SMA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *