Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Cepat

Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Cepat – Bahasa asing yang menjadi bahasa universal bagi sebagian besar penduduk di dunia adalah bahasa Inggris. Hanya saja, tidak semua orang langsung bisa mempelajarinya secara cepat. Bagi kamu yang masih belajar untuk meningkatkan kosakata, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu berbahasa Inggris.

Menghafal kosakata bahasa Inggris
Menghafal kosakata bahasa Inggris

Sistem Flashcard dan Wordcard

Cara belajar satu ini memang  terkesan agak kuno, tapi sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuanmu berbahasa Inggris. Kamu bisa menge-print materi bahasa Inggris yang akan dihafal sekaligus terjemahannya. Menghafal kosakata bahasa Inggris akan terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Lakukan hal ini dengan kawan atau keluargamu, sehingga kamu bisa pastikan jumlah kata dapat kamu hafal dengan sempurna.

Dengan sistem flashcard dan wordcard yang kecil dan ringan, kamu bisa membawanya kemana saja. Jika kamu menemukan kata baru, kamu bisa langsung menambahkannya dalam daftar kata yang perlu diingat dan dihafalkan. Cara ini akan mempermudah untuk mengasah ingatan dan memperbanyak kosakata tambahan.

Gunakan Kata-Kata Dalam Kalimat

Kamu bisa memberikan target diri sendiri dalam menghafal kosakata bahasa Inggris. Tentukan berapa kata yang wajib kamu kuasai  dalam kurun waktu tertentu. Jika jumlah kata dan terjemahan sudah terpenuhi, kamu bisa menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat. Tak hanya secara tulisan, kamu harus sering melatihnya dalam percakapan harian. Kamu bisa mencari arti kata melalui Google jika mendapatkan kesulitan untuk menerjemahkannya.

Membaca Teks Bahasa Inggris Secara Teratur

Salah satu kegiatan yang paling efektif yaitu membaca aneka macam literatur bahasa Inggris mulai surat kabar, buku, majalah, atau jenis publikasi yang lain. Dengan demikian jangkauan kosakata baru yang akan diperoleh akan semakin meningkat dari sebelumnya. Kamu bisa lihat berbagai contoh kalimat dan terjemahannya di sini: https://www.pustakabahasainggris.com/

Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris

Memperkaya diri dengan berbagai kosakata baru bisa dilakukan dengan mudah saat kamu mendengarkan musik berbahasa Inggris. Banyak sekali musisi papan atas luar negeri yang mengekspresikan karyanya dengan lirik yang menyentuh. Kamu akan banyak terbantu dengan berbagai kosakata baru dari sana. Kalau kamu sering melakukan hal ini, maka menghafal kosakata bahasa Inggris bukanlah hal yang sulit.

Memahami Kata Dasar, Awalan, dan Akhiran

Kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris akan semakin meningkat berbanding lurus dengan usaha yang ia lakukan. Sebagai seseorang yang berupaya memperbanyak kosakata dalam bahasa  Inggris, kamu perlu memperhatikan hal-hal dasar dalam kalimat. Kamu harus bisa memilah kata dasar dan kata yang memiliki imbuhan untuk awalan dan akhiran. Kamu bisa berlatih mengidentifikasi kata dasar yang belum kamu pahami.

Sedangkan kata imbuhan merupakan kaya yang hampir sama ketika melekat pada kata dasar apapun, biasanya berubah karena tenses yang digunakan berbeda. Saat kamu sudah bisa membedakan kata dasar, awalan, dan akhiran dengan tepat, kamu telah mengembangkan diri dalam menghafal kosakata bahasa Inggris dengan lebih baik.

Mempraktikkannya Bersama Orang Lain

Apalah arti kosakata yang melimpah jika tidak dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu merasa sudah memiliki tabungan kosakata yang banyak, maka tugas selanjutnya untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat yaitu bercakap ria dengan orang lain. Kamu bisa langsung bertemu orang asing untuk mengujinya, atau kerabat terdekat yang sudah punya jam terbang tinggi dalam percakapan harian berbahasa Inggris.

Dengan melatihnya dalam percakapan dan speaking setiap hari, maka alam bawah sadarmu akan merekam setiap kata dan kalimat yang kamu gunakan. Kamu bisa bersepakat dengan keluarga di rumah akan ada hari bahasa Inggris dua kali dalam seminggu. Menghafal kosakata bahasa Inggris akan semakin menyenangkan bila ada dukungan dari orang-orang terdekatmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *