Tips Merawat Aki Ini Wajib Dipelajari Agar Aki Mobilmu Tidak Mudah Soak

Tips Merawat Aki Ini Wajib Dipelajari Agar Aki Mobilmu Tidak Mudah Soak. Aki merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah mobil. Aki mobil bisa bertahan dalam beberapa tahun jika performanya baik. Semakin tua usia sebuah mobil, semakin menurun pula kualitas aki yang ada di dalamnya. Jika performa aki menurun, maka laju kendaraan pun bisa terganggu. Hal inilah yang menyebabkan aki harus dirawat dengan telaten.

Baca juga artikel lain di : http://aspirasi.blog.st3telkom.ac.id

Jika aki tidak dirawat secara telaten dan terus menerus, aki bisa mengalami soak ataupun kerusakan bahkan menimbulkan kerusakan untuk komponen – komponen yang lain. Mungkin banyak yang berpendapat bahwa jika performa aki menurun, cukup dengan mengisi ulang dayanya maka performa aki akan kembali bagus. Untuk mengetahui informasi terlengkapnya mengenai otomoti Anda bisa simak di situs www.teknikotomotif.co.id.

Tapi ternyata jika aki diisi ulang dayanya, kemampuan aki untuk menyimpan daya listrik akan hilang sehingga usaha mengisi ulang daya dinilai sia – sia. Alternatif lain agar aki bisa tetap memiliki performa yang baik adalah dengan merawatnya setelaten mungkin. Berikut cara merawat aki mobil yang bisa dipelajari agar aki tidak mudah soak.

Rutin Cek Kondisi

Aki merupakan baterai yang bertugas menyuplai energi listrik untuk beberapa bagian mobil. Contoh komponen yang disuplai energi listrik oleh aki adalah starter dan lampu. Agar aki bisa beroperasi dengan baik perlu dilakukan perawatan rutin, salah satunya dengan cara mengecek kondisi aki. Jika aki tidak beroperasi dengan baik, aki bisa mengalami soak dan menyebabkan mesin mobil mati.

Untuk mengetahui kondisi aki, ada sebuah alat khusus yang bisa digunakan yaitu battery load tester. Indikator dari alat ini akan menunjukkan besaran daya yang masih dimiliki aki sehingga dapat diketahui apakah daya yang dimiliki aki masih bisa digunakan atau tidak. Cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui kodisi aki adalah dengan melihat cairan elektrolit di dalam aki tersebut. Cara ini hanya berlaku untuk jenis aki basa saja. Jika cairan sudah berada di bawah batas normal, ada baiknya cairan aki segera diisi kembali.

Periksa Terminal Aki Mobil

Terminal aki mobil juga merupakan salah satu komponen yang cukup penting. Terminal yang berbentuk klep penghubung kutub positif serta negatif ini sering mengalami beberapa masalah seperti munculnya jamur, karat, hingga posisinya yang longgar. Masalah – masalah tersebut ternyata dapat membuat usia dari aki semakin menurun.

Jika kondisi tersebut ditemukan,aki harus dibersihkan dengan air panas sambil digosok perlahan menggunakan sikat gigi agar kondisi aki membaik. Sedangkan jika terminal mulai kendor, harus dilakukan pengencangan. Namun jika bagian tersebut sulit dikencangkan berarti aki tersebut sudah harus diganti dengan yang baru.

Panaskan Mobil

Cara merawat aki yang paling utama adalah dengan memanaskan mobil. Banyak yang beranggapan bahwa jika mobil tidak digunakan, maka daya aki mobil tersebut akan tersimpan. Namun sebenarnya jika mobil tidak digunakan, daya pada aki mobil akan terus berkurang sehingga mobil akan sulit di starter pada saat akan digunakan. Berkurangnya kapasitas baterai pada aki dinamakan self discharge.

Jika daya aki selalu dibiarkan berkurang, nantinya akan merusak aki mobil dan menular pada komponen mobil yang lain. Untuk menghindari hal ini, maka setidaknya mobil harus dipanaskan selama 15 menit setiap seminggu sekali ketika sedang tidak digunakan.

Itulah beberapa cara merawat aki mobil agar tidak mudah soak. Untuk menghemat pengeluaran perawatan mobil yang Anda keluarkan, mulailah dengan merawat komponen penting dalam mobil yaitu aki. Karena jika komponen ini terawat dengan baik, maka komponen lainnya pun akan bisa diselamatkan. Semoga bermanfaat J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *