Berburu Batik Solo Murah Sambil Minum Kopi di Jalan Kauman Solo

Berburu Batik Solo Murah Sambil Minum Kopi di Jalan Kauman Solo. Pergi ke Solo kurang lengkap rasanya tanpa belanja batik, mengingat harga baju batik relatif bersahabat dengan isi dompet. Salah satu sentral batik murah yang tak boleh dilewatkan oleh Anda adalah Kampung Wisata Batik Kauman yang terletak di jalan Kauman ini.

Batik Solo
Batik Solo

Baca juga artikel lain di :  http://aspirasi.blog.st3telkom.ac.id/

Kawasan ini tak jauh dari Pasar Klewer, di pasar tersebut Anda akan merasakan pengalaman belanja yang berbeda. Tak hanya hasrat belanja Anda yang terpuaskan di sini, namun lidah dan mata pun dimanjakan oleh pilihan tempat minum kopi dengan dekorasi yang unik.

Hampir semua rumah butik batik Solo di sini memiliki seperti kafe kecil untuk para wisatawan yang ingin melepas lelahnya setelah berbelanja baju batik. Ada pula Batik Kaoeman dengan warung kopinya yang dinamakan Kedai Kaomen ialah satu contoh di antaranya.

Hadir dengan interior yang memadukan unsur etnik, rustic, dan retro, Kedai Kaomen ini menunjukkan daya tariknya sendiri. Banyak tempat-tempat seru untuk berfoto atau kids zaman now akan menyebutnya sebagai spot Instagramable.

Meskipun sama-sama kampung batik, tapi ada perbedaan antara Kampung Batik Kauman dan Laweyan, perbedaan pertama ada pada motif batik pada baju batik wanita yang dibuat. Batik Laweyan motifnya ratusan yang telah lama dikenal dan motif-motif itu berwarna terang sedangkan batik Kauman cenderung berwarna gelap yaitu cokelat dan hitam namun dibuat dengan sentuhan modern.

Dan yang kedua ialah akses menuju tempat masing-masing, saat mengunjungi Kampung Batik Kauman yang berpusat di tengah kota jadi segala jenis transportasi biasanya bisa dinaiki, akan tetapi jika ingin mengelilingi kampung ini lebih baik naik becak, berjalan kaki, bersepeda atau sepeda motor. Karena jalanan di kampung ini berupa gang-gang sempit. Berbeda dengan Kampung Batik Laweyan yang mempunyai akses jalan yang lebih lebar.

Karena aksesnya yang mudah, Anda tak perlu khawatir tersesat menuju kampung batik Solo ini, terdapat banyak rambu-rambu dan penunjuk jalan untuk menuju ke Kampung Batik Kauman. Rumah-rumah di sana pun mirip dengan ciri khas rumah di Kampung Batik Laweyan yaitu berpagar tinggi, hal ini bertujuan untuk mempertahankan bentuk asli dari rumah para juragan batik ini.

Bila Anda mengunjungi Kampung Batik Kauman ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan salah satunya adalah suasana kota Solo tempo dulu yang ada pada kanan kiri gang, bangunan-bangunan yang dipadukan dengan bentuk-bentuk rumah kolonial Jawa, Limasan dan Joglo.

Saat menyusuri  Kampung Batik Kauman Anda akan disuguhkan dari hasil produk baju batik wanita ataupun pria yang di pajang di rumah atau etalase butik. Jika akan membeli batik, Anda dipersilahkan melihat proses membatik. Ini sungguh menarik bagi para wisatawan sehingga berkunjung lagi dan lagi ke kampung wisata ini.

Ada 3 jenis batik yang ada di sana, yaitu batik klasik menggunakan motif tulis, batik cap, dan batik kombinasi antara batik cap dengan tulis. Batik di Kampung Kauman telah memiliki penggemar lokal maupun luar daerah, bahkan telah menjadi tempat berlangganan para kolektor batik sampai mancanegara.

Bila Anda berkunjung ke kampus batik Solo dan ingin menjelajahi Kampung Batik Kauman bersama teman atau keluarga. Rencanakanlah dengan baik, mulai dari sewa mobil dan lainnya atau menggunakan jasa trevel. Bila sudah sampai jangan lupa rasakan gurihnya serabi Solo, dijamin pasti Anda ketagihan. Selamat berlibur dan berburu batik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *