Inilah Alasan Mengapa Surat Pengunduran Diri Harus Disusun dengan Benar

Inilah Alasan Mengapa Surat Pengunduran Diri Harus Disusun dengan Benar! Memutuskan untuk mengundurkan dari pekerjaan merupakan hak semua pekerja. Ada dua faktor utama mengapa seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri. Pertama, faktor lingkungan kerja dan faktor dari dalam diri sendiri. Faktor lingkungan kerja misalnya saja masalah hubungan dengan sesama rekan kerja atau beban pekerjaan yang semakin berat. Faktor dari dalam diri sendiri misalnya karena ada tawaran pekerjaan lain atau ingin fokus pada keluarga.

surat pengunduran diri
surat pengunduran diri

Baca juga artikel lain di : http://aspirasi.blog.st3telkom.ac.id/

Meskipun mengundurkan diri merupakan hak pekerja, tapi tetap ada langkah-langkah tepat yang harus dilakukan. Terlebih dahulu tentu saja berdiskusi dengan atasan dengan mengutarakan alasan yang jelas mengapa mengundurkan diri. Jika keputusan tersebut sudah bisa dimengerti dan dimaklumi, maka langkah selanjutnya adalah mengajukan surat pengunduran diri. Mengajukan surat ini memang terdengar sederhana, namun Anda harus tidak bisa sembarangan dalam menyusunnya.

Menyusun surat pengunduran diri dengan baik dan sopan merupakan ciri bahwa Anda tetap profesional meskipun akan meninggalkan pekerjaan tersebut. Apapun alasan Anda saat mengundurkan diri, menjadi profesional tetap menjadi sebuah keharusan. Untuk itu, saat menyusun surat tersebut, Anda perlu memperhatikan betul bagaimana format yang harus diikuti. Selain itu penting juga untuk melengkapi semua persyaratan yang menyertai surat tersebut.

Alasan selanjutnya mengapa Anda harus menulis surat pengunduran diri sesuai prosedur adalah untuk memberikan diri Anda nilai lebih. Karena Anda telah bersikap profesional, maka pengunduran diri Anda akan dipandang terhormat. Ini juga akan berefek pada pekerjaan Anda berikutnya jika pekerjaan baru merupakan alasan Anda mengundurkan diri. Perusahaan yang akan menerima Anda tentu merasa keputusannya menerima Anda adalah keputusan tepat.

Membuat surat pengunduran diri secara benar juga merupakan cara Anda menghormati perusahaan tersebut dan pimpinannya. Anda telah bekerja di tempat tersebut maka tidak salah jika Anda memberi penghormatan dan penghargaan. Anda juga telah menjadi karyawan dari pimpinan perusahaan tersebut. Sebagai karyawan, Anda telah menghormati dan menghargai pimpinan dengan mengajukan pengunduran diri dengan cara yang sopan.

Mengundurkan diri dengan alasan yang tepat, prosedur yang benar dan cara yang sopan juga akan meninggalkan kesan baik. Karena dulunya Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut dengan cara yang baik. Maka saat meninggalkannya dengan alasan apapun, Anda pun harus meninggalkan kesan yang baik. Kesan yang baik tidak hanya bagi pimpinan perusahaan secara pribadi namun juga bagi keseluruhan perusahaan dan sesame rekan kerja.

Itulah alasan mengapa sangat perlu memperhatikan cara mengajukan surat pengunduran diri. Dari sikap Anda saat mengutarakan alasan, cara menulis Anda maupun saat mengajukannya harus bisa meninggalkan kesan yang baik. Bagaimanapun perusahaan tersebut telah memberi Anda kesempatan berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *