Susah Tahan Kantuk Ketika Berkendara? Gunakan Teknologi Topi Canggih Ini

Susah Tahan Kantuk Ketika Berkendara? Gunakan Teknologi Topi Canggih Ini! – Dalam berkendara keselamatan harus menjadi prioritas utama oleh semua orang. Oleh karena itu, para pengemudi sangat dianjurkan untuk menyiapkan beberapa hal penting sebelum mulai berkendara. Misalnya saja menyiapkan helm dan memakai sarung tangan untuk motor, memasang sabuk pengaman saat menaiki mobil, juga mengecek keadaan mesin serta ban kendaraan. Hal-hal sederhana tersebut perlu dilakukan pengemudi kendaraan maupun penumpang suatu kendaraan agar keselamatan tetap terjaga di sepanjang perjalanan.

teknologi topi anti kantuk
teknologi topi anti kantuk

Salah satu penyebab utama terjadinya suatu kecelakaan ialah rasa kantuk yang dialami oleh pengemudi. Supir atau pengemudi tentu saja harus berkonsentrasi penuh dalam berkendaraan. Saat diserang rasa kantuk, para pengemudi tentu tidak bisa berkonsentrasi penuh serta tidak awas terhadap keadaan jalan yang dilalui. Pengemudi tentu tidak fokus memperhatikan hal-hal di jalan. Simak di situs aspirasi untuk mengetahui informasi terlengkapnya.

Hal ini dapat membahayakan keselamatan dirinya sendiri serta penumpangnya. Oleh karena itu, para pengemudi kendaraan harus dapat menghilangkan dan mencegah rasa kantuk saat berkendara.

Biasanya dengan cara  meminum kopi atau beristirahat terlebih dahulu di tengah perjalanan. Akan tetapi baru-baru ini perusahaan besar mengeluarkan produk terbaru untuk para pengendara yang sering mengantuk saat mengemudi. Perusahaan tersebut mengeluarkan topi canggih yang dapat mengusir kantuk bernama teknologi topi anti kantuk. Topi canggih ini didesain khusus untuk membuat para pengendara tetap terbangun selama berkendara.

 

Pembuat teknologi topi anti kantuk ini bernama Ford, ia memperkenalkan topi bisbol berteknologi untuk menghentikan pengendara yang tertidur saat mengemudi yang dilengkapi dengan sensor dan giroskop, yaitu interpretasi gerakan kepala pemakainya.

Apabila topi mengira pengemudinya mengantuk, maka teknologi topi anti kantuk ini akan memperingatkan mereka dengan menerangi, bergetar dan melepaskan suara peringatan. Periset di perusahaan otomotif ini menghabiskan waktu berbulan-bulan meneliti pergerakan kepala pengendara. Hal inilah yanb memungkinkan pembuat untuk mengenali kapan pengemudi fokus pada jalan serta kapan pengendara merasa kelelahan.

Mereka kemudian menciptakan teknologi topi anti kantuk, yang dikembangkan oleh Ford di Amerika Selatan untuk merayakan 60 tahun membangun kendaraan komersial yang berada Brasil. Perusahaan kendaraan tersebut menargetkan pengemudi truk yang berada di Brasil, sebab dianggap sebagai pekerjaan yang sangat berbahaya dalam kondisi kerjanya.

Penelitian menemukan 11 persen pengendara truk asal Brasil, yang rata-rata berkendara rata-rata lebih dari 60 ribu mil per tahun dan sudah mengalami kecelakaan selama dua tahun terakhir. Itulah mengapa sang pembuat teknologi topi anti kantuk ini yaitu Ford yang membuat mobil pertama memikirkan teknologi wearable untuk digunakan sementara dimana pengendara berada di kemudi serta dapat berkontribusi terhadap pencegahan kecelakaan kata Lyle Watters, Presiden Ford Amerika Selatan.

Dengan cara ini, pembuat teknologi topi anti kantuk ini memperkuat komitmen untuk menghadirkan onboard teknologi tidak hanya di kendaraan, namun juga aksesoris yang membuat hidup lebih mudah bagi pengendara, dan fokus pada keselamatan sebagai prioritas dalam investasi teknologi.

Saat ini teknologi topi anti kantuk tersebut masih pada tahap prototipe, namun ketika telah selesai Ford diharapkan dapat memasukkannya ke dalam produksi skala penuh. Hal ini bukan pertama kalinya teknologi pintar diciptakan untuk meningkatkan keamanan pengendara. Pada September tahun lalu, Perusahaan lain meluncurkan konsep detektor keringat pada setir dan jok yang memberi informasi pengendara ketika perlu minum air putih dan alat canggih itu dirancang untuk memudahkan air putih tersebut.

Teknologi topi anti kantuk didesain oleh Ford bersama agensi kreatif GTB. Sebelum membuat topi canggih ini, pembuat melakukan riset untuk mengetahui perbedaan antara pengendara yang fokus terhadap keadaan dijalan serta pengemudi yang tidak. Sesudah mendapat hasil yang cukup, mereka pun baru mulai merancang topi canggih ini.

Teknologi topi anti kantuk diketahui menggunakan sensor serta gyroscope untuk merasakan pergerakan pengemudi saat mengendara. Jadi jika pengemudi terdeteksi mengantuk, topi canggih ini akan mengeluarkan suara, lampu, dan getaran untuk membangunkan si pengendara.

Perusahaan Ford berencana menjual teknologi topi anti kantuk ini untuk masyarakat umum. Sebelum hal itu, mereka berniat menambahkan melakukan beberapa tes kepada topi ini terlebih dahulu agar benar maksimal dan siap saat diedarkan atau dipasarkan nanti.

Berikut ada tips yang ampuh dalam mengusir kantuk saat berkendara sambil menunggu peredaran teknologi topi anti kantuk yang belum beredar di Indonesia,  pengendara dapat melakukan tips ini dalam berkendara, yaitu menepi untuk istirahat sejenak, minum  kopi, jangan minum obat maupun alkohol sebelum atau ketika berkendara, melakukan peregangan otot sebelum atau saat berkendara, beristirahat selama dua jam perjalanan, minta ditemani saat mengemudi.

Baca Juga : http://aspirasi.blog.st3telkom.ac.id/2019/03/21/mari-mengenal-tekhologi-pengolahan-sampah-organic/

Itulah pembahasan mengenai teknologi topi anti kantuk. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *