Pekerjaan Manusia yang Siap Digantikan Robot

Pekerjaan Manusia yang Siap Digantikan Robot. Teknologi sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia. Bahkan apa-apa yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, rasanya tak pernah bisa lepas dari teknologi. Akhir-akhir ini sudah banyak isu tentang robot pengganti pekerjaan manusia yang tentunya sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan robot ini.

robot pengganti pekerjaan manusia
robot pengganti pekerjaan manusia

Melihat keadaan tersebut pastilah akan membuat kamu merasa takjub sekaligus khawatir. Takjub karena kecanggihan teknologi yang sudah bisa mengalahkan manusianya sendiri dan khawatir karena bisa saja robot pengganti pekerjaan manusia ini membuat peluang bekerja semakin menipis. Lalu, apa saja pekerjaan yang akan digantikan oleh robot ini? Berikut penjelasannya, jika ingin mengetahui aspirasi lainnya Anda bisa simak di internet.

Resepsionis

Pekerjaan pertama yang kelak akan dikerjakan oleh robot adalah resepsionis. Robot pengganti pekerjaan manusia ini sudah bisa Anda temukan di beberapa hotel maupun departement store Jepang. Disana, mereka sudah mulai ditugaskan untuk menyambut tamu diberbagai hotel dan pusat perbelanjaan. Salah satu nama robotnya adalah ChihicaraAico yang sudah bertugas di Tokyo departement store. Wah, canggih sekali, bukan? Bisa saja dengan perkembangan teknologi yang pesat Indonesia pun bisa mendatangkan robot ini.

Guru dan sales

Siapa sangka pekerjaan ini ternyata akan digantikan oleh robot di masa yang akan datang. Bagaimana nasib para guru dan sales, ya? Ternyata robot ini sudah mulai ada di Jepang, Singapura dan UK, bahkan sudah mulai mengajar di sana. Robot ini diberi nama pepper. Tidak hanya bisa mengajar saja, di salah satu perusahaan Jepang, robot ini sudah dipekerjakan sebagai dan sales. Hal lain yang mengagumkan dari robot pengganti pekerjaan manusia ini adalah dia bisa mengetahui dan menganalisa emosi manusia. Bagaimana, sangat menakjubkan? Wah wah, bagaimana nasib manusia di masa yang akan datang ya?

Pemandu museum

Lagi, Jepang yang terkenal dengan teknologinya sudah membuat robot pengganti pekerjaan manusia yang lainnya. Robot yang satu ini diberi nama Otonaroid dan Kodomoroid. Mereka dipekerjakan sebagai pemandu museum di Japan’s National Museum of Emerging Science and Innovation. Sosok robot wanita yang memiliki rambut hitam panjang ini bekerja sebagai komunikator di museum. Sudah pasti robotnya sangat cantik, nih.

Petugas Keamanan

Pekerjaan yang satu ini pun, kelak akan bisa digantikan oleh robot. Robot pengganti pekerjaan manusia ini bernama Knightscope’s K5 yang ternyata sudah ditugaskan sebagai petugas keamanan di pusat perusahaan teknologi silicon. Robot ini berbentuk seperti kapsul Dia bertugas untuk patroli keliling perusahaan sejak tahun 2014. Knightscope’s K5 dilengkapi dengan GPS, laser, dan pendeteksi panas, tugasnya untuk mengamati perilaku seseorang yang mencurigakan dan mengirimkan peringatan kepada bagian keamanan perusahaan tersebut. Duh, bisa juga ya nih robot.

Pekerja Bar

Tidak hanya di Jepang, Jerman yang merupakan pusat teknologi pun sudah menciptakan robot pengganti pekerjaan manusia.  Carl—merupakan nama dari robot yang sudah bekerja dari 2013 di salah satu bar Jerman. Robot ini didesain khusus untuk menjalankan pekerjaan sebagai bartender di sana. Tahukah kamu bahwa Carl bisa berinteraksi secara langsung dengan para pengunjung dan ternyata minuman buatannya ini selalu mendapat pujian dari pengunjung, karena racikannya yang sangat enak. Tak ayal, hal ini membuat robot Carl terkenal di sana.

Asisten Rumah Tangga

Baru-baru ini sudah banyak robot pengganti pekerjaan manusia yang setiap hari disempurnakan oleh para ilmuan. Bahkan, saat ini sudah ada robot personal berpostur lucu yang bisa menjadi asisten rumah tangga. Tak hanya itu, robot ini bisa menjadi teman kamu saat merasa kesepian. Robot yang berukuran kecil ini diberi nama Kuri dan sudah mulai bisa kamu miliki dengan harga $700 per unit. Kuri dilengkapi dengan CCTV yang bisa mengawasi rumah kamu ketika penghuninya tidak ada, tak hanya itu Kuri juga dilengkapi dengan kemampuan gerak dan berinteraksi yang baik, sehingga bisa jadi teman main untuk kamu dan keluargamu. Bisa punya teman baru nih yang kecil dan imut.

Pekerjaan Konstruksi

Ternyata pekerjaan yang kita anggap hanya bisa dikerjakan oleh manusia ini terancam akan digantikan oleh robot juga, loh. Tukang batu bata robot akan mulai diperkenalkan ke lokasi konstruksi dan memungkinkan robot ini bisa menggantikan dua sampai tiga pekerja manusia. Robot pengganti pekerjaan manusia  ini bisa meletakan 1.200 batu bata dalam satu hari, sementara normalnya manusia hanya bisa meletakkan 300 sampai 500 batu bata saja. Kuat sekali ya, robot ini.

Nah itulah beberapa pekerjaan yang akan atau sudah digantikan oleh robot. Memang, dengan adanya robot pengganti pekerjaan manusia ini pekerjaan akan terasa lebih mudah dan cepat. Namun, jika ditelusuri akan banyak dampak yang ditimbulkan oleh robot-robot ini. Bisa saja, kelak manusia sudah tidak dibutuhkan lagi diberbagai perusahaan karena mereka lebih memilih robot yang super canggih dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *